Myres atau Madrasah Young Research Super Camp adalah ajang karya tulis ilmiah bagi siswa MTs dan MA. Ada pun bidang kompetisi dikelompokkan menjadi tiga antara lain: (1) Ilmu Keagamaan Islam, (2) Ilmu Sosial dan Kemanusiaan, dan (3) Ilmu Matematika, Sains, dan Pengembangan Teknologi. Melalui Myres, siswa madrasah yang memiliki minat dan bakat di bidang riset dapat menuangkan ide-ide inovatifnya. Hal inilah yang dilakukan oleh Kyfano, Siswa MTsN 1 Mataram. Dia mengembangkan bakat dan minatnya di bidang MST (Matematika, Sains, dan Pengembangan Teknologi) melalui penelitiannya berjudul ” Pemanfaatan Data Wheather-Soil Sensors Berbasis Klaster Sebagai Alat Perencanaan dan Emergency Warning System Tanaman Pertanian”. Kyfano meneliti bagaimana pemanfaatan alat perekam perubahan cuaca dan iklim, serta kondisi tanah dapat mengantisipasi kegagalan panen pada kegiatan budidaya tanaman pertanian unggulan (jagung dan tembakau) di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Penelitian tersebut berhasil mengantarkan siswa dengan nama lengkap Kyfano Kahil Muhammad Ezzam tersebut menjadi grand finalis enam besar Myres tahun 2022.

Kepala MTsN 1 Mataram, Dra. Hj. Rusniah mengungkapkan kebanggannya karena siswanya mampu menjadi  grand finalis urutan pertama dari lima finalis lainnya. Di sela-sela acara Sabtu Sehat dia mengungkapkan bahwa untuk menjadi grand finalis Myres tidaklah mudah. Ananda Kyfano harus melalui serangkaian penilaian dari tiga orang juri yang mendebarkan karena salah seorang juri memberikan penilaian secara datar saja berbeda dengan kedua juri yang mengagumi dan memberikan penilaian luar biasa dengan presentasi Kyfano namun pada akhirnya setelah melihat pengumuman, Ibu Kepala Madrasah mengungkapkan kebangaannya bahwa ananda berada di urutan pertama enam grand finalis. Ibu kepala madrasah mengapresiasi prestasi ananda dan memberikan kesempatan kepada Kyfano untuk menjelaskan penelitian yang dilakukakannya di depan semua siswa MTsN 1 Mataram sebagai penyemangat bagi siswa lainnya agar ke depannya banyak muncul Kyfano-Kyfano yang lain yang dapat membanggakan dan mengangkat nama baik madrasah.

Sebelum masuk grand finalis enam besar,Kyfano harus melalui beberapa tahapan mulai dari mengalahkan 3.811 peserta yang kemudian terjaring menjadi 120 peserta terbaik yang dipilih juri dari unggahan proposal dan dokumen kelengkapan per bidang dan per jenjang kemudian mempresentasikan proposal secara daring selama 5 menit sehingga juri menetapkan 26 finalis untuk tahap supercamp dan mentoring. Setelah mentoring, Kyfano harus menyusun laporan penelitian sesuai template yang ditentukan lalu mengunggah laporan terakhir sehingga juri menetapkan dia sebagai salah satu dari enam grand finalis terbaik peserta grand final yang akan dilaksanakan 8-12 Oktober 2022 secara luring di Jakarta. Keenam grand finalis nantinya akan diminta menyiapkan video penelitian, materi penelitian dan expo. Pada tahapan akhir peserta akan melakukan pameran poster dan juri menentukan pemenang Myres 2022. (Tim Humas)